Home » Blog » 6 Tips Berkunjung ke Tempat Wisata Muslim

6 Tips Berkunjung ke Tempat Wisata Muslim

Berpakaian Sopan

Berpakaian Sopan

1. Berpakaian sopan

Sebagai tamu yang datang berkunjung ke tempat wisata, apalagi wisata muslim. Sudah seharusnya kita menjaga kesopanan dengan cara mengenakan busana yang sepantasnya, tidak terbuka auratnya. Berbusana muslim adalah pilihan terbaik ketika berwisata religi.

Hal ini penting, karena bentuk rasa hormat kita tercermin dari busana yang kita kenakan. Apabila kita berpakaian sopan, hal itu selaras dengan suasana

2. Cari informasi

Mencari Informasi

Mencari Informasi

Tips penting kedua yaitu carilah informasi mengenai tempat wisata muslim yang akan kita kunjungi. Biasanya ada waktu-waktu tertentu tempat wisata muslim bisa dikunjungi atau tidak. Hari Jumat misalnya, waktu berkunjung jadi lebih pendek karena kegiatan Salat Jumat.

Anda bisa mencari informasi terlebih dahulu via internet. Membaca ulasan-ulasan mengenai objek wisata religi seperti di detikTravel juga akan sangat membantu. Datang ke lokasi wisata dengan informasi yang lengkap, tentu akan membantu Anda menikmati kunjungan itu.

3. Bersikap sopan

Bersikap Sopan

Bersikap Sopan

Tips selanjutnya adalah bersikaplah sopan baik ke pemandu ataupun kepada sesama wisatawan lainnya. Jagalah omongan sewaktu sedang berwisata ke masjid, atau ketika sedang berziarah ke makam ulama. Pelankan suara, karena rata-rata objek wisata religi bukanlah tempat yang hingar bingar.

Menjaga omongan juga bisa jadi cara untuk menghindari masalah yang tidak perlu. Kita akan dinilai dari lisan kita. Jagalah lisan saat berkunjung ke tempat wisata muslim ya traveler.

4. Tidak memotret sembarangan

Tidak Memotret Sembarangan

Tidak Memotret Sembarangan

Hormatilah orang lain yang juga punya kepentingan sendiri saat sedang berwisata muslim. Saat ke masjid misalnya, jangan memotret sembarangan dari dekat orang yang sedang beribadah ataupun yang sedang ziarah.

Gunakanlah zoom jika ingin memotret kegiatan tanpa mengganggu orang yang beribadah. Minimalisir penggunaan blitz agar tidak mengganggu orang lain.

Selain mengganggu, kegiatan memotret itu juga bisa mengurangi kekhusyukan pengunjung lain yang datang bukan untuk berwisata, melainkan untuk beribadah. Jagalah perasaan pengunjung lain ya traveler.

5. Jaga kebersihan

Jagalah Kebersihan

Jagalah Kebersihan

Selain menjaga kesopanan, jagalah juga kebersihan destinasi wisata muslim yang Anda kunjungi. Jangan buang sampah sembarangan, buanglah pada tempat yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Membuang sampah sembarangan akan merusak nilai estetika dari destinasi wisata muslim yang Anda tuju. Masak tempat yang sakral dan bernilai sejarah penting dihiasi oleh sampah yang berserakan? Jangan sampai itu terjadi ya traveler!

6. Sekalian beribadah

Beribadah

Beribadah

Tak hanya sekedar berwisata dan berfoto-foto ria saja, traveler juga bisa sembari beribadah saat berkunjung ke destinasi wisata muslim. Saat ke masjid misalnya, Anda bisa manfaatkan waktu untuk beribadah dan memanjatkan doa.

Kapan lagi mendapat pengalaman beribadah di tempat yang baru? Ada pepatah sambil menyelam minum air. Sambil berwisata muslim, kita juga bisa mendapatkan pengalaman salat yang berbeda di tempat baru.

Thanks to Travel.detik.com

sumber:http://travel.detik.com/read/2015/06/18/082941/2945493/1048/berkunjung-ke-tempat-wisata-muslim-ini-6-tipsnya?v9922021381

2016-10-22T18:30:40+00:00